Overview

Perairan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan kehidupan manusia. Kualitas perairan seringkali menjadi cermin bagi kualitas kehidupan masyarakat maupun ekosistem disekitarnya.

Laboratorium Produktivitas dan Lingkungan Perairan (ProLing) adalah sebuah Laboratorium terakreditasi SNI ISO/IEC 17025:2017 dengan nomor registrasi LP-425-IDN yang bergerak dalam dunia penelitian dan jasa pelayanan analisis kualitas air.

Secara struktural Lab. ProLing berada di bawah Departemen Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Institut Pertanian Bogor.

Lab. ProLing dikelola oleh staf pengajar / dosen dan analis yang kompeten di bidangnya. Para staf pengajar selain memiliki gelar akademis Profesor, Doktor dan Master yang diraih dari berbagai universitas, di Eropa, Amerika, Jepang, dan Indonesia juga memiliki pengalaman lapang yang luas dalam berbagai kajian ilmiah mengenai produktivitas dan lingkungan perairan.

Berdiri sejak 1983 dan memperoleh status akreditasi pertama di tahun 2009, kami memiliki visi untuk menjadi salah satu laboratorium riset dan pengujian terbaik.

Hingga kini, kami telah melayani permintaan pengujian dari berbagai daerah mulai dari Barat Indonesia hingga Timur Indonesia.


Visi dan Misi

Visi

To become one of the best research and testing laboratory
Laboratorium ProLing berupaya untuk menempatkan diri sebagai laboratorium penelitian dan pengujian yang kompeten, berdaya saing dan berkualitas tinggi.

Misi

  • Laboratorium ProLing mempunyai misi memberikan layanan optimal dengan jaminan bahwa pelanggan akan mendapatkan layanan terbaik, berupa kemudahan, hasil analisis berkualitas, dengan harga kompetitif.
  • Laboratorium ProLing akan membentuk manajemen laboratorium melalui praktik-praktik terbaik dengan mengoptimalisasikan sumber daya manusia yang unggul, penggunaan teknologi yang kompetitif, serta membangun kemitraan yang saling menguntungkan dan saling mendukung secara sinergis.

Kebijakan Mutu

  • Laboratorium ProLing berkomitmen untuk memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan baik yang berada dalam lingkup kegiatan sehari-hari maupun yang bersifat terintegrasi dalam satu perjanjian kerja sama termasuk didalamnya adalah pihak manajemen dan karyawan. Komitmen tersebut berusaha dicapai dengan :
  • Menjamin dan menjaga mutu dalam seluruh aspek fungsinya dan bahwa semua produk/jasa yang dihasilkan adalah melalui proses yang cermat dan akurat serta terdokumentasi
  • Memilih, menggunakan dan memelihara standar tertinggi dalam penerapan praktik laboratorium yang baik dalam pelaksanaan pekerjaan pengujian.
  • Manajemen puncak bertanggungjawab atas penerapan sistem manajemen mutu sebagai standar pelayanan laboratorium.
  • Memberikan pengakuan kepada setiap sumberdaya manusia yang ada sebagai aset utama laboratorium dan memberikan kesempatan yang seluas-luasnya untuk meningkatkan kapabilitas dan pengetahuannya dengan memberikan pendidikan yang memadai.
  • Menjamin bahwa sumberdaya manusianya memahami sistem dokumentasi mutu sehingga dapat melakukan tugas berdasarkan sistem yang baik untuk mempertahankan pelayanan dan mutu secara berkelanjutan agar tercapai tujuan sistem mutu yang telah digariskan.
  • Melakukan observasi dan pengembangan secara terus menerus dalam meningkatkan efektifitas sistem manajemen tehnologi pengujian.
  • Mengikuti panduan-panduan manajemen mutu dan operasional sesuai ISO/IEC 17025:2017 “ Persyaratan umum kompetensi laboratorium pengujian dan laboratorium kalibrasi ”

Akreditasi